Jumat, 30 Mei 2014

sensor kecepatan

SENSOR KECEPATAN

Pengertian sensor

Sensor merupakan sesuatu yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia. Variabel keluaran dari sensor yang diubah menjadi besaran listrik disebut Transduser. Umumnya sensor itu dibedakan menjadi dua (2), yaitu :
  1. Sensor Fisika  yang merupakan suatu sensor yang digunakan untuk mendeteksi suatu besaran berdasarkan hukum-hukum fisika. Contohnya sensor fisika adalah sensor cahaya, sensor suara, sensor gaya,sensor tekanan,sensor getaran/vibrasi, sensor gerakan, sensor kecepatan, sensor percepatan, sensor gravitasi, sensor suhu, sensor kelembapan udara, sensor medan listrik/magnit.
  2. Sensor Kimia yang merupakan suatu sensor yang digunakan untuk mengubah besaran kimia menjadi besaran listrik. Contoh dari sensor kimia adalah sensor pH, sensor oksigen, sensor ledakan, sensor gas.
Sensor Kecepatan
Cara kerja pendeteksian sensor kecepatan merupakan proses kebalikan dari suatu motor, dimana suatu poros/object yang berputar pada suatu generator akan menhasilkan suatu tegangan yang sebanding dengan kecepatan putaran object.
Kecepatan putar sering pula diukur denga menggunakan sensor yang mengindra sensor magnetis (induksi) yang timbul saat medan magnetis terjadi.

Pengaplikasia pada spedometer

cara kerja spedometer

  • Mekanis perangkat pengukur kecepatan yang dhubungkan langsung dengan roda depan ataupun transmisi menggunakan suatu kabel yang ikut berputar saat kendaraan bergerak. kemudian diuabah untuk menggerakkan jarum kecepatan.
  • Electronic pengukur kecepatan yang bekerja atas dasar sensor pada poros penggerak kendaraan yang mendeteksi jumlah putaran kecepatan poros lalu mengirim data kespedometer dengan prinsip arus Eddy yang menggerakkan jarum kecepatan secara digital.
  • GPS merupakan perangkat pengukur kecepatan yang menggunakan perubahan data posisi koordinat bumi yang diperoleh dari satelit GPS yang diolah oleh prosesor menjadi kecepatan putaran.
  • Dibagian as (poros) roda dipasang piringan yang mempunyai lubang diujungnya, dipasang optocoupler yang terdiri dari LED dan photodetector.
  • Ketika roda berjalan maka piringan akan mempunyai kecepatan sudut yang sama dengan roda urusan sensing, akan dilakukan oleh photodetector, pada saat LED, lubang pada piringan dan photodetector berada pada satu garis, maka akan ter-generated pulse, yang akan dihitung oleh konter.

Rangkaian Sensor Kecepatan

  • Dengan dibantu lempeng lingkaran yang dilubangi, sensor kecepatan akan menghasilkan pulsa high jika terdapat lubang.
  • Posisi sensor secra mekanis dapat dilihat gambar no. 2
  • perlu diingat bahwa jumlah lubang yang buat akan mempengaruhi hasil tampilan di DT-51 KND.
Makin banyak lubang maka pembacaan akan makin sering dan jika dikonversi ke RPM akan didapat hasil yang makin mendekati kondisi asli.

Cara kerja 

Rangkaian Sensor mendeteksi jumlah putaran per satuan waktu. Hal ini telah diakomondasikan oleh de KITS SPC DC Motor pada IN1 untuk mendeteksi pulsa kecepatan motor.
DT-51 KND
  • Sebagai input transmisi (top. breake, up, down,neutral) pada keypad dan output display pada 7 segment. Penekanan TOP memutar motor pada kecepatan maksimum. Penekanan Up atau Down mengurangi atau menambah nilai PWM sebesar 10d. Penekanan N menghentikan putaran motor. Penekanan Breke menghentikan putaran motor secara cepat.
  • Untuk menampilkan hasil perhitungan pulsa kecepatan motor. Setiap 1 detik tampilan pada 7 segment akan di update


Megnhitung RPM dengan rumusan sebagai berikut:

RPM = Hasil Tampilan/jumlah lubang kali dengan 60 detik/ gate time

Wind Sensor 
Sensor angin 
  • sensor ini bisa memberikan informasi kecepatan angin
  • untuk aplikasi di automation system biasanya diperuntukan sebagai sensor, apabila kecepatan angin terlalu kencang sensor memberikan informasi kepada central control yang kemudian memrintahkan misalnya motorozed canopy untuk menutup
  • sensor angin tidak hanya menggunakan kecepatan angin untuk pendeteksian, akan tetapi lebih diberatkan pada sensor suhu dari angin yang didetecsi.


A HALL EFFECT SENSOR
  • Sebuah sensor efek hall adalah transduser tegangan output yang bervariasi dalam menggapi perubahan dalam medan magnet. Hall sensor digunkan untuk berpindah kedekatan,posisi,deteksi kecepatan dan aplikasi pengindraan saat ini.
  • Hall sensor biasanya digunakan untuk kecepatan roda dan poros, seperti utnuk pembakaran mesin pengapian internal,takometer dan sistempengereman anti lock.
  • Digunakan dalam motor DC brushless listrik untuk mendeteksi posisi megnet permanen. Dalam roda digambarkan mambawa dua magnet sama spasi, tegangan dari sensor akan puncak revolusi dua kali.
  • Susunan ini biasanya digunakan untuk mengatur kecepatan drive disk.



SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT.........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar